Berat Badan Tetap Naik, Padahal Makan Sedikit? Yuk, Kenali Sebabnya

Berat Badan Tetap Naik, Padahal Makan Sedikit? Yuk, Kenali Sebabnya

Berat Badan Tetap Naik, Padahal Makan Sedikit? Yuk, Kenali Sebabnya

Pernah kebayang ngga sih, penyebab tubuh jadi gemuk padahal makan selalu sedikit, bahkan ada yang udah berhenti makan nasi. Nah, ada juga orang yang biasa makan banyak tapi tubuhnya tetap ideal, sementara ada sebagian orang yang justru berupaya mengurangi porsi makan untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal, tapi tetap saja tubuhnya gemuk, meskipun makannya selalu sedikit. Dengan demikian penyebab tubuh jadi gemuk tak selalu dipicu oleh faktor makan berlebihan.

Mari kita bahas lebih lanjut, apa saja penyebab tubuh jadi gemuk :

1.Melewatkan Sarapan

Menurut penelitian, bagi mereka yang sering melewatkan waktu sarapan bakal mengalami kegemukan atau kelebihan berat badan, dibandingkan dengan mereka yang selalu sarapan pagi. Jika kamu lebih sering melewatkan sarapan pagi, maka hal itu akan menyebabkan kamu makan lebih banyak dari yang kamu rencanakan sebelumnya. Ini bisa menjadi penyebab tubuh gemuk. Karena untuk menjaga berat badan tetap ideal, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat mengonsumsi makanan tertentu, itu sangat penting.

2.Kurang Tidur

Tak sedikit orang mengesampingkan pentingnya tidur yang berkualitas dengan waktu yang cukup. Padahal, kurang tidur justru menjadi salah satu penyebab tubuh jadi gemuk. Karena, kurang tidur dapat memicu turunnya fungsi hormon ghrelin dan leptin, yakni hormon yang mengendalikan nafsu makan dalam tubuh sehingga akan lebih gampang lapar. Selain itu, metabolisme tubuh juga menurun sehingga berat badan lebih mudah naiknya.

3.Kurang Tepat Memilih Makanan

Penyebab tubuh jadi gemuk juga bisa dari cara kita memilih makanan yang kurang tepat, meskipun kita memakannya hanya sedikit. Misalnya, makan sepotong kue yang sebetulnya kue tersebut banyak mengandung gula dan kalori. Tentu saja hal itu akan membuat tubuh menjadi lebih mudah gemuk. Bukan dari banyak atau sedikitnya makanan yang kita konsumsi, tapi harus diperhatikan seberapa banyak kandungan gula dan kalori yang dikonsumsi kalau benar-benar menginginkan berat badan yang ideal.

4.Olahraga Berlebihan

Studi menunjukan, olahraga yang berlebih dalam waktu lama akan menimbulkan stress pada beberapa orang. Selain itu olahraga berlebih dapat mempengaruhi produksi hormon adrenalin yang mengatur respon stress. Saat tubuh stress, sangat mungkin bila Anda menambah porsi makan untuk meredakannya. Sebaiknya lakukan olahraga berat (angkat beban atau kardio) beberapa kali per-minggu untuk mempertahankan tingkat metabolism dan menurunkan berat badan yang konsisten.

 

Pada intinya adalah, apapun yang Anda makan ada baiknya perhatikan kalori pada makanan tersebut, tidak perlu stop nasi, karena kebutuhan karbohidrat juga diperlukan sebagai sumber energi bagi tubuh. Justru yang harus diperhatikan adalah jika Anda berlebihan konsumsi gula, pada orang dewasa direkomendasikan asupannya cukup 8 sdt/hari (untuk wanita) dan 11 sdt/hari (untuk pria). Contoh minuman yang mengandung banyak gula adalah Boba, dalam satu gelas kandungan gulanya bisa 8 sdt, padahal dalam satu hari kita pasti mengkonsumsi makanan atau minuman lain yang juga mengandung gula. Artinya dengan minum segelas boba milk tea, resiko kelebihan asupan gula dalam satu hari meningkat signifikan.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi atau setidaknya konsultasi agar berat badan tidak makin berlebih. Jika memang ingin melangsingkan badan dalam waktu cepat bisa dengan Laserlipolysis, yaitu merupakan teknologi terbaru dalam penghancuran lemak. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa appointment konsultasi di klinik kecantikan terpercaya.

Leave a Comment

× Ada yang bisa kami bantu??