Ingin Rekonstruksi Selaput Dara? Hymenoplasty Solusinya

Ingin Rekonstruksi Selaput Dara? Hymenoplasty Solusinya
November 14th, 2020 | Beauty, Health | No comments

Ingin Rekonstruksi Selaput Dara? Hymenoplasty Solusinya

Hymen adalah lapisan mukosa yang mengelilingi atau menutupi sebagian dari muara vagina. Lapisan tersebut, seperti halnya mukosa vagina, juga mempunyai pembuluh darah dan pembuluh saraf. Oleh sebab itu, robekan pada hymen seringkali diikuti dengan perdarahan dan rasa nyeri.

Prosedur ini juga dikenal dengan istilah hymenoplasty atau rekonstruksi selaput dara ini, tidak termasuk ke dalam kategori perawatan ginekologi konvensional dan seringkali dikategorikan sebagai prosedur bedah plastik karena biasanya dilakukan untuk alasan non-medis. Oleh karena itu, prosedur ini tidak tersedia secara luas di rumah sakit, pasien perlu mendatangi klinik swasta untuk menjalani prosedur ini.

Wanita menjalani prosedur ini karena ingin selaput daranya robek dan mengeluarkan darah saat berhubungan seksual, sebab dalam budaya tertentu dianggap sebagai tanda keperawanan. Permasalahan ini biasanya timbul pada pasangan yang ingin menikah, ada rasa takut jika sampai pasangan hidup tahu bahwa selaput daranya telah robek sebelum waktunya, padahal penyebabnya berbagai macam, bukan hanya karena seks di luar nikah.

 

Operasi Selaput Dara Agar Jadi Perawan Lagi, Perlukah?

Perlu atau tidaknya seseorang menjalani operasi selaput dara tergantung pada pribadi masing-masing, termasuk cara berpikir tentang keberadaan selaput dara dan kaitannya dengan keperawanan.

Robeknya selaput dara memang dapat disebabkan oleh hubungan seksual yang melibatkan penetrasi penis ke dalam vagina. Akan tetapi, keutuhan selaput dara tidak bisa menjadi tolak ukur keperawanan seorang wanita. Hal ini dikarenakan selaput dara bisa juga robek akibat beberapa penyebab lain, seperti:

Olahraga atau aktivitas fisik berat, misalnya terjatuh dari kendaraan bermotor, saat bersepeda,
atau menunggang kuda.
Penggunaan tampon.
Masturbasi dengan menggunakan jari atau sex toy.
Pemeriksaan ginekologi dengan menggunakan alat khusus (misalnya spekulum)
yang dimasukkan ke dalam vagina.

Pada beberapa kasus, selaput dara sangat elastis, sehingga penetrasi seksual belum tentu bisa merobeknya. Bahkan, ada wanita yang terlahir tanpa selaput dara. Dengan demikian, tidak adanya darah saat penetrasi seksual pertama kali dilakukan bukan berarti bahwa seorang wanita tidak perawan.

Lagi pula, definisi keperawanan sebenarnya adalah seorang wanita yang belum atau tidak pernah melakukan hubungan seksual secara penetratif atau memasukkan penis ke dalam vagina.

Jadi secara medis, operasi selaput dara tidak dapat mengembalikan keperawanan seorang wanita. Hanya saja, prosedur ini dapat membantu memperbaiki organ intim wanita agar terlihat seperti belum pernah berhubungan seksual.

 

Bagaimana Prosedur Operasi Selaput Dara Dilakukan?

Operasi selaput dara dilakukan oleh dokter bedah dengan menjahit kembali sisa  selaput dara yang telah robek atau rusak. Sebelum operasi dilakukan, dokter anestesi akan memberikan bius lokal.

Setelah obat anestesi bekerja, dokter akan menjahit lapisan dalam dan lapisan luar dari selaput dara hingga mirip seperti selaput dara pada awalnya. Dalam prosedur ini, dokter biasanya akan menggunakan benang jahit yang bisa diserap tubuh, sehingga Anda tidak perlu kembali ke dokter untuk melepaskan jahitan.

Hingga saat ini,  belum banyak penelitian mengenai efek samping jangka panjang atau komplikasi dari operasi selaput dara. Oleh sebab itu, apapun alasan Anda untuk melakukan operasi ini, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter bedah plastik yang sudah berpengalaman melakukan prosedur hymenoplasty.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Nibelth Medical Centre atau hubungi kami di Customer Care melalui WhatsApp 0823-1000-7000

Leave a Comment

× Ada yang bisa kami bantu??