Kantung Mata Anda Bengkak? Kenali Penyebabnya!

Kantung Mata Anda Bengkak? Kenali Penyebabnya!

Kantung Mata Anda Bengkak? Kenali Penyebabnya!

Pernahkah Anda terganggu dengan area mata yang bengkak? Bengkak di area mata memang dapat mengganggu kenyamanan dan bahkan bisa mengganggu penampilan juga. Bengkak di area mata dapat terjadi akibat berbagai hal, di antaranya karena masalah tidur, stres, menangis berlebihan, dehidrasi, dan konsumsi alkohol.

Beberapa cara dapat Anda lakukan untuk mengurangi masalah kantung mata bengkak, seperti menggunakan timun, lidah buaya, hingga bahan lainnya. Selain dengan bahan-bahan tersebut, ada hal yang baiknya Anda ketahui penyebab dari mata bengkak, sehingga Anda bisa mencegahnya sebelum itu terjadi.

1. Menatap Layar Terlalu Lama

Kebiasaan menatap layar dalam waktu lama seringkali jadi penyebab kantung mata bengkak bahkan menghitam. Entah itu menatap layar televisi, komputer/laptop, gadget, atau peralatan elektronik lainnya yang punya paparan radiasi tinggi. Makin parah lagi jika dilakukan sambil tiduran dengan pencahayaan yang minim. Jika kebiasaan ini tidak dihindari, pembuluh darah di sekitar mata akan membesar. Inilah yang kemudian menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi gelap alias mata panda.

2. Gaya Hidup Tidak Sehat

Walaupun mata panda dapat ditutupi dengan menggunakan concealer, namun jika memiliki mata asli tanpa lingkaran gelap di bawahnya tentunya jauh lebih baik. Untuk itu dibutuhkan gaya hidup sehat, seperti minum air putih minimal delapan gelas setiap hari, rajin olahraga dan juga banyak mengonsumsi makanan mengandung vitamin K. Selain itu, hindari merokok dan tidur cukup minimal tujuh jam sehari.

3. Lupa Menghapus Makeup Mata Sebelum Tidur

Bagi wanita, pasti pernah merasa malas membersihkan makeup yang menempel di wajah. Apalagi jika sudah kelelahan akibat aktivitas yang menguras tenaga, rasanya ingin segera istirahat di tempat tidur. Nah, kebiasaan semacam ini tidak dianjurkan ya. Karena, tumpukan makeup itu dapat menyebabkan kerutan dan lingkaran hitam di mata. Selain itu, bisa timbul iritasi secara berkala dan mempercepat penuaan kulit.

4. Membersihkan Wajah Berlebihan

Kalau kebiasaan yang ini, kebalikannya dari nomer 3. Kebiasaan terlalu sering membersihkan wajah juga bisa memicu timbulnya mata panda. Terlebih lagi jika Anda menggosok mata terlalu kencang untuk menghapus riasan mata. Gerakan kasar di area mata yang kulitnya cenderung tipis dapat merusak pembuluh darah halus sekitar mata. Gunakan produk yang bisa menghapus makeup secara total dalam sekali sapuan sehingga Anda tidak perlu menggosoknya berulang kali.

5. Jam Tidur Berantakan

Hal yang biasa terjadi, dan dilakukannya tanpa sadar. Merasa tidur sudah cukup waktu, padahal istirahat bagi mata masih sangat perlu. Normalnya tidur yang ideal adalah 7 – 8 jam sehari, oleh karena itu jam tidur yang berantakan dan tidak sesuai juga dapat mengakibatkan munculnya area gelap pada mata. Terlalu banyak tidur juga dapat menimbulkan mata panda. Tak hanya itu, posisi tidur yang salah pun dapat menimbulkan mata panda, seperti tidur dengan posisi tengkurap yang menekan bagian perut dan wajah.

 

Jika masalah kantung mata dan lingkaran hitam Anda tidak kunjung hilang dan bahkan bertambah bengkak parah, dan ketika perubahan gaya hidup atau pengobatan lainnya tidak bekerja, Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan operasi kelopak mata atau blepharoplasty. Kegunaan dari blepharoplasty selain untuk menghilangkan kantung mata, juga dapat memperbaiki kelopak mata yang bengkak, serta mengurangi kelebihan kulit kelopak mata bagian atas dan bawah yang dapat mengganggu penglihatan. Untuk Anda yang tertarik melakukan operasi tersebut, bisa kunjungi Nibelth Medical Centre yang merupakan klinik kecantikan langganan para artis Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di Customer Care Whatsapp 0823-1000-7000

 

Leave a Comment

× Ada yang bisa kami bantu??